/**/

SOCIAL MEDIA

Sunday, June 04, 2017

Kata Siapa Jadi Full-Time Blogger Itu Mustahil?

Siapa sik hari gini yang gak tau blogger? Pasti pernah denger kan istilah blogger sekarang-sekarang ini yang katanya lagi hits ituuu..

"Jadi blogger tuh enak ya, cuma dateng ke acara sana sini, dibayar, dapet barang gratis, dsb."

Eits! Tapi rupanya persepsi ini tuh salah. Salah banget.

Kenyataannya, jadi blogger tuh gak semudah yang kalian kira, lho.

Jadinya jadi blogger tuh sebenernya enak apa nggak sik? Sulit apa gampang?

Yak, jadi begini lho..........


Niat awalan lo mau jadi blogger tuh apa? Suka nulis? Suka sharing? Atau nyari uang?

Nah, kalo niat awalan lo ini untuk nyari uang sebenernya sik 'agak' berat, karena pola pikir lo pasti jadinya nulis itu untuk sekedar dapetin uang. Kalo sponsor nyari elo buat review produk mereka atau mendatangi event yang mereka adain untuk kita nulis live report, terus belom apa-apa lo udah sodorin rate card, pasti banyak sponsor yang kabur. Kecuali, sponsornya itu udah punya budget khusus untuk blogger, mereka pasti akan langsung nanya apakah dengan budget bisa cocok untuk kita. Jadi baiknya hilangin dulu deh persoalan rate card elo. Dengan elo gak langsung sodorin rate card, kita tu kasih kesempatan untuk brand mendekati kita. Ciptain deh komunikasi yang baik sama brand tersebut.

Lha, kalo si brand duluan nanya rate card, kudu piye?

Yaaaa kalo ditanya duluan sik lo boleh aja kasih rate card, tapi tetep lo harus lebih dulu memperhatikan beberapa hal. Dengan rate card yang lo kasih, apa lo bisa bertanggung jawab terhadap tulisan lo? Terus kekuatan relasi dan marketing elo gimana untuk 'memasarkan' blog lo, cocok kah?

Sebelum lo memutuskan untuk mencari uang dari nge-blog, lo harus lebih dulu memperkaya diri lo dengan ilmu-ilmu seputar blogging. Lo terlebih dulu harus bisa berpikir out of the box untuk menciptakan konten yang enak dibaca & mudah dinikmati oleh pembaca blog lo.

Gimana cara kita menciptakan konten yang bagus?

Untuk para blogger, cocoknya isi tulisannya itu berupa feature stories. Dalam ilmu jurnalistik, feature stories adalah tulisan non-fiksi yang dibawakan dengan lebih santai gitu, daaann fleksibel. Tapi tentu aja informatif juga dong. Feature stories lebih bersifat subyektif (tersirat opini atau sudut pandang penulis) sehingga opini itu tersamar dalam pelukisan suasana, penggunaan contoh-contoh, serta penyertaan narasumber pilihan yang dapat dipertanggungjawabkan kredibilitasnya. Feature stories termasuk kategori soft news (berita ringan) yang pemahamannya lebih menggunakan emosi. Berbeda dengan hard news (berita keras), yang isinya mengacu kepada dan pemahamannya lebih banyak menggunakan pemikiran.

Nah, feature stories itu kan sebenernya gak terikat sama 5W1H (who, what, where, when, why, how/siapa, apa, di mana, kapan, kenapa, bagaimana), tapi tetep aja 5W1H itu harus terjawab. Jadi pembaca blog lo tau jelas apa yang mau lo bahas. Misalnya lo bahas soal lipstik A. Lo mesti jelasin itu lipstik merk apa, keluaran dari mana, kapan dikeluarin, bisa dicari dibeli di mana aja, kenapa lo suka/gak suka sama lipstik itu, gimana cara lo pake itu lipstik, dll.

Lalu, kalo kalian dateng ke event nih kan kalian suka dikasih press release tuh, usahain jangan berpatokan sama press release doang yaaa.... Karena hal-hal penting pasti gak ada di situ, adanya ya ketika lo dengerin pembicara ngomong lah ya. Press release itu cuma acuan buat misalnya ada nama-nama narasumber, inti acara, atau mungkin sekilas info tentang produk ataupun brand yang ngadain event tersebut.

Tulis nama & gelar narasumber jangan sampek salah! Misal, nama narasumbernya itu mbak Ani Berta, tapi lo tulis Ani Bertha/Anie Berta, atau misalnya Kencana Kandara, S.H. tapi lo tulis Kencana Kandara, S.E. #gubrak itu udah salah bangetngetnget. Jadi wajib diperhatiin yak.

Lo juga kudu riset kecil-kecilan dulu sebelom lo mulai nulis. Sepaham-pahamnya lo sama apa yang mau lo bahas, lo tetep harus riset. Jangan sampe apa yang lo tau, ternyata berbeda dari sumber aslinya, atau malah ternyata apa yang lo ternyata hoax atau sudah gak berlaku karena udah ada update terbaru. Pokoknya lo harus update terus deh supaya apa yang lo tulis itu valid.

Terus ya sebisa mungkin elo live tweet deh. Emang sik Twitter sekarang kayaknya udah gak zaman ya, tapi jangan salah di dunia per-blogging-an tuh Twitter masih dilirik loh sama sponsor. Nah, fungsinya elo live tweet itu ngebantu elo nge-draft untuk tulisan lo entar. Ibaratnya rangkuman hasil lo dateng ke event itu lo tulis di Twitter, jadi pas lo mau nulis lo tinggal ngecek lagi tweet lo jadi lo inget apa aja yang lo lihat & dengar selama event.

Jangan lupa juga loh buat foto-foto atau videoin selama event berlangsung. Tulis juga poin-poin selama lo ngobrol atau dengerin narsum, jadi bawa aja notes kecil kan lumayan.

Nah, terus ya lo sebisa mungkin pas nulis ya pake foto/video sendiri aja. Kenapa? Kalo lo pake foto/video orang ya otomatis kan elo mesti kasih credit untuk sumber lo dapetin foto/video itu. Yaaa otomatis sumber lo nanti jadi hits juga di tulisan lo dong hehehehe.

Kalo konten udah bagus, apa lagi?

KONSISTENSI! Disiplin.

Konsistensi itu penting eaaakk. Konsisten nulis.

Konsistensi nulis ya misalnya dalam sebulan elo konsisten nulis 2 artikel per minggu, atau beberapa artikel per bulan. Atau misalnya lo terbitin tulisan lo tiap hari Kamis dan Sabtu, dan sebagainya. Ya itu lo jadiin patokan lo supaya blog elo tetep aktif. Jadi pembaca lo juga punya 'sesuatu' yang mereka tunggu dari elo.

Kalo semuanya udah dijalanin, ngapain lagi?

Ya mempersiapkan diri lah ya untuk jadi full-time blogger.

Apa yang musti disiapin sik?

Menabung.

Well, sebenernya menabung itu wajib sik kapanpun gimanapun kondisi lo. Apalagi kalo lo kerja dan kepengen resign supaya bisa fokus nge-blog, kudu banget nabung. Kenapa? Supaya di saat elo resign, elo punya simpanan untuk sewaktu-waktu bisa elo pake kalo lagi ada keadaan darurat. Ya buat jaga-jaga lah intinya.

Networking.

Networking sama sapose? Ya sesama blogger tentu, kemudian sama brand-brand, agency-agency, atau penulis-penulis lain pun juga bisa. Intinya bergaul dah yak sama semua orang. Sekalipun mereka bukan penulis atau membutuhkan tulisan, tetep bergaul. Di saat lo bergaul, jangan malu untuk kenalan, tukeran nomor hp, atau bahkan tukeran kartu nama. Juga jangan cuekin orang-orang yang ada di sekitar elo dengan lo sibuk sendiri. Siapa tau ye kan di antara orang-orang yang temui, ternyata mereka butuh lo untuk menulis entah buat mereka, atau buat tempat mereka kerja.

Cari info.

Rajin-rajin lah cari info tentang event-event yang bisa kalian datangi, info tentang lomba-lomga nge-blog, atau bahkan daftar-daftar product review pun juga bisa. Pokoknya buka diri untuk segala kemungkinan deh.

Kalo udah semua?

YAUDAH.

Itulah segelintir ilmu yang gue dapet dari event "The Power of Content" yang diselenggarakan oleh Indonesian Female Bloggers. Ilmu-ilmu ini disampaikan oleh Teh Ani Berta dari komunitas Indonesian Social Blogpreneur.

Salut banget deh gue bener sama Teh Ani. Beliau ini tuh seorang blogger, content writer, dan writing workshop facilitator. Teh Ani bisa hidup dari blog. Teh Ani ini tuh sampek pergi-pergi ke luar negeri loh!

Selagi event ya Teh Ani banyak cerita perjalanan dia sebagai blogger yang dimulai dari beliau hobi nulis dan nge-blog di tahun 2008, sampe akhirnya beliau resign supaya bisa fokus nge-blog sampe sekaeang. Dari passion nulis beliau ini sampek mau jadi volunteer writer, akhirnya jerih payah Teh Ani terbayar dengan beliau akhirnya bisa menjadi full-time blogger.

Teh Ani ini punya empat (4) blog lho. Begitu konsistennya beliau menulis di semua platform menulis. Gue mah kaga ada apa-apanya dibanding Teh Ani.

Pokoknya ilmu-ilmu dari Teh Ani ini bener-bener beguna banget deh kalo emang kita mau fokus di satu pekerjaan. Beruntung banget gue bisa ikut event ini, jadi dapet banyak ilmu.

Mudah-mudahan apa yang sudah gue dengar dan lihat dan gue tuangkan di sini, bisa bermanfaat untuk kalian.

Sampai jumpa di artikel gue yang berikutnya yaakk!

PS. Foto-fotonya menyusul. Nanti gue update lagi.


1 comment :

  1. Nice post, Theia!! Setujuu sama postingan mu!
    Banyak yang ngira jadi blogger itu gampang dan enak.. Sebenarnya nggak segampang kelihatannya yaa..
    Btw, saling follow via gfc yuuk =D

    ReplyDelete

Please feel free to leave your comments here. I want to hear your feedback and ideas for my next posts. Any comments having bad language will be deleted. Thanks! :)