/**/

SOCIAL MEDIA

Sunday, September 17, 2017

Skin Care First, Makeup Second

Gaya banget ya judul blog gue?

Ya gitu dah~

Jadi, kali ini gue mau bawel sedikit mengenai skin care.


Kalian lebih milih makeup dulu atau skin care dulu?



Kalo gue, jelas skin care dulu dong, baru makeup.



Kenapa? Kok gitu?


Nih gue jelasin kenapa harus skin care duluan~

Lanjutin bacanya! :p

Source: http://www.theluxuryspot.com/wp-content/uploads/2015/04/skincare.jpg

Jadi, bener-bener beberapa bulan terakhir ini tuh gue males banget banget makeup. Keluar ke mana aja gue bare face aja gitu. Bedak enggak, lipstik enggak, apa juga nggak deh.

Gue cuma fokus ngerawat muka aja.


Skin care routine gue sekarang itu:
- bersihin muka pake Micellar Water Garnier
- cuci muka pake Wardah Lightening Facial Wash, L'oreal (gw lupa L'oreal yang mana pokoknya facial wash-nya gw campur sama facial wash yang ada scrubnya), sama Dove Inner Glow Facial Wash
- kadang-kadang pake face oil kalo malem (kalo inget)
- rajin maskeran pake masker apa aja mau bubuk, peeling, krim, apapun deh yang sekiranya gw liat menarik di drugstore
- kalo keluar rumah pake sunblock
* nanti di-update kalo ada perubahan

Udah gitu doang. Plus gak pake makeup kalo gak ada acara tertentu. Tapi efeknya?

Hidung gue tuh komedoan parah ya sampe kasar gitu, sampe gue kl di-makeup-in orang gitu gw rasanya malu karena kasar banget hidung gue gara-gara komedo. Eh tiba-tiba jadi halus aja gitu. Sumpah demi halus parah.

Komedonya tetep ada, tapi udah gak kaya dulu. Berkurang jauh banget. Kulit muka gw lebih sehat, tetep gelap sik kena matahari terus, tapi kulitnya bersahabat. Dan somehow, gue merasa lebih muda karena kulit gw lebih sehat ini. Kulit gw juga jadi lebih kenceng, tapi tetep kenyal. Menyenangkan, kan?

Jadi, kenapa sik harus skin care dulu?

Fungsinya skin care dan makeup itu beda. Kalo skin care untuk ngerawat kulit kita, kalo makeup untuk berkreasi di kulit kita, nutupin imperfection yang ada di kulit kita dan menonjolkan bagian tertentu muka kiti yang bikin kita ngerasa lebih oke.

Ibarat muka kita itu adalah kanvas, otomatis untuk bikin gambar yang bagus, kanvasnya harus bagus juga kan? That's why kita perlu bangetttt ngerawat muka supaya kalo dandan juga hasilnya bagus.

Efek dari skin care-skin care yang kita pake itu emang gak cepet, tapi nanti saat lo udah umur 30an ke atas, baru deh keliatan. Skincare itu investasi kita supaya pas tua nanti, kita tetep keliatan sehat, seger, dan gak terlihat setua umur kita.

Kemudian, selain skin care yang lo pake semua ke muka, pola makan & tidur juga berpengaruh. Coba deh lo kurang-kurangin minum minuman botolan atau soda-soda gitu, perbanyak air putih. Terus kurang-kurangin makan makanan berminyak-minyak, pedes-pedes, dll. Ntar lo rasain deh kulit lo berubah jadi lebih sehat.

Lalu, perlu diinget kalo kulit lo juga butuh fresh air. Kulit lo butuh nafas. Kalo tiap hari lo mekapan, pori-pori lo bakal ketutup terus dan memicu masalah-masalah muka yang bakal timbul. Clogged-up pores adalah pembuka jalan ke blemished skin, dan blemished skin bisa mengakibatkan mekap-mekap yang lo pake jadi cakey. Mau?

Nah, dalam milih skin care juga gak bisa sembarangan. Sama juga kaya makeup, gak bisa sembarangan. Apa yang gw pake di muka gw, belom tentu cocok di muka lo. Jadi ya lo harus coba sana sini untuk nemuin produk yang cocok di muka lo.

Misalnya muka lo berminyak, nah mungkin produk-produk yang gue pake bisa jadi referensi buat lo karena muka gue berminyak. Tapi kalo muka lo kering/berjerawat/dll, lo bisa cari referensi orang lain yang kira-kira sama kayak lo kondisinya.

Tapi inget, itu semua hanya referensi. Cuma lo yang bisa nentuin produk mana yang paling cocok buat lo, jadi lo gak bisa salah-salahin review yang lo baca di internet. Lha wong yang nge-review cocok sama produknya, masa iya lo harus maksain juga kalo ternyata produknya gak cocok di lo?

Dan jangan pernah sayang produk karena produk itu mahal. Lho? Gini maksudnya. Misalnya lo beli serum muka harganya 500ribu. Abis lo pake hari ini, besokannya muka lo beruntusan. Coba lo puasa pake itu produk dulu sampe masalah muka lo itu ilang. Terus lo coba lagi produk itu. Kalo hasilnya sama, mendingan lo buang/jual/kasih orang. Yah tapi harganya kan mahal, sayang banget kalo dibuang? Lo sayang sama produk yang gak bisa lo pake, atau lo lebih sayang sama kulit lo? Biaya lo ke dokter untuk benerin muka sebanding gak sama harga produk yang lo beli?

Ini gue jadi ngelantur apa gimana ya? Hahahaha pokoknya itu bawelan gw seputar skincare deh.

The more you care about your skin you will become more comfortable in your own skin, literally. Healthy skin allows you to wear less makeup. Learn to love your skin and not feel like you have to wear makeup. Makeup should be fun. No one should hide behind a heavy mask of makeup, because your natural self is beautiful and it deserves a little more attention. 


Semoga omongan ngalor ngidul gue ini bisa mencerahkan kalian eaaak! Thank you and see you on my next post. Toodles!





8 comments :

  1. Setuju. Dl aku tuh ignore skincare dan kbh suka belanja makeup. Akhirnya sadar, oercuma beli makeup mahal sekalipun krn sifatnya korektif dan sia2 kalo "kanvas"nya ga mulus2. Sekarang uda tobat deh, beli skincare diutamakan drpd makeup.

    Nice article!
    www.melsplayroom.com

    ReplyDelete
  2. Koq aku setuju banget ya sama judulnya :) :) :)

    Terlebih memang kalo kanvasnya sudah bagus, mempermudah proses makeup ya :)

    ReplyDelete
  3. Setuju bangeeet. Kalau kanvasnya gak bagus ya hasilnya juga gak bagus. Menurutku yaaa

    www.vinasaysbeauty.com

    ReplyDelete
  4. Setuju dari awal masuk perbeautyan emang lebih suka sama skincare ketimbang makeup.

    www.lianaeka.com

    ReplyDelete
  5. Saya juga tim skin care nih, scara keluar rumah dengan bare face itu sesuatuuuh. Cuman butuh sunblock doang, cusss.

    ReplyDelete

Please feel free to leave your comments here. I want to hear your feedback and ideas for my next posts. Any comments having bad language will be deleted. Thanks! :)