/**/

SOCIAL MEDIA

Thursday, April 27, 2017

Memperlambat Penuaan di Be-FIT Fitness Studio (Sp.)

Haloooo, Gaiiissss!

Siapa nih di sini yang sering olahraga, tapi ngerasa badan gak jadi-jadi? 

Yes, itu karena mindset-nya salah. Lah, emang gimana harusnya?

Dalam berolahraga, kita harus punya mindset seperti ini:
1. Asupan nutrisi yang pas
2. Olahraga yang cukup
3. Istirahat yang cukup
4. Gaya hidup sehat

Olahraganya tuh nomor dua. Asupan nutrisinya yang nomor satu, diikutin dengan istirahat cukup dan melakukan gaya hidup sehat. Mau olahraga seberat apapun, kalo tiga hal lainnya gak imbang ya gak akan sehat.

Informasi ini gue dapetin di Be-FIT. Jadi, gue kemaren dapet kesempatan untuk ikut kelas free trial Be-FIT.


Tempat apaan sik Be-FIT ini? Terus katanya memperlembat penuaan, emang iya?

Kalo penasaran, lanjutin terus bacanya yaa!

Nah, jadi tuh gue diundang sama Be-FIT untuk ikutan free trial di sana. Be Fit ini tuh fitness studio di Rawamangun.

Be-FIT ini menyediakan program olahraga untuk siapa aja yang mau olahraga, di level apapun dengan kemampuan apapun dan umur berapapun. Be-FIT fokus pada program olahraga yang melatih kekuatan dan fleksibilitas.

Pemilik dari Be-FIT ini sendiri adalah tante Titi. Beliau mendirikan studio ini karena Beliau memang senang olahraga.

Nah, di Be-FIT ini cuma ruang-ruang kosong aja studionya.





Lha kok gitu?? Iya, soalnya Be-FIT cuma menyediakan 3 program: kelas TRX, kelas yoga, dan kelas martial arts (karate & jujutsu). Makanya studionya kosong, cuma ada tiang-tiang untuk tali TRX.


Nah, gue dapet kesempatan untuk nyobain 2 program mereka, yaitu TRX dan yoga.

TRX tu ngapain sik? 

TRX itu adalah Total Body Resistance Exercise. TRX ini tuh olahraga yang mengandalkan bagian kaki dan tangan sebagai pusat tumpuan untuk melatih otot tubuh, khusunya upper dan lower body. Beban yang digunakan itu adalah berat badan kita sendiri.

Kedengerannya sik easy peasy, kenyataannya tak semudah itu hahaha. Ini gue first timer loh.



TRX ini tuh dulu latihan buat anggota militer pasukan khususnya USA. Tapi lama-lama TRX dikenal di masyarakat karena dipopulerkan oleh Randy Hetrick, mantan anggota pasukan khusus USA, pada awal tahun 2000an.

TRX menganut sistem Suspension Training. Apa tuh? Latihan kebugaran menggunakan tali yang terbuat dari nilon. Sehingga pengguna menjadikan berat badannya sebagai materi latihan. Suspension training bisa juga disebut sebagai bodyweight exercise

Prinsipnya, TRX ini tuh efektif membakar kalori tubuh dalam jumlah banyak. Dah gitu TRX ini termasuk optimal untuk mengencangkan otot-otot inti tubuh seperti otot di bagian perut dan bahu, juga menguatkan otot punggung.

Nah, manfaat utama latihan TRX ini adalah untuk membangun dan menambah kekuatan tubuh, keseimbangan, fleksibilitas, dan stabilitas. Tentu saja jika dilakukan dengan benar ya.



TRX juga bisa dilakukan untuk pembentukan otot loh! Alat ini katanya sik jauh lebih efisien ketimbang alat beban yang cuma kasih model latihan gitu-gitu doang. Dengan menggunakan berat badan dan gaya gravitasi sebagai materi latihan, kita gak cuma bisa membentuk badan tapi juga meningkatkan stabilitas keseimbangan atau fleksibilitas. Ya memang sik ototnya gak akan segede binaragawan-binaragawan yang gede-gede itu, karena TRX ini tuh lebih untuk toning gitu, ngeringin otot. Maksudnya ngeringin otot tuh, otot di badan jadi keliatan jelas dan kenceng, tapi murni otot tanpa ada lemak.


Begini perbandingannya:


Yang kiri tu ototnya basah (otot & lemak), yang kanan tu kering keliatan bentuk ototnya (otot aja). Tentu aja untuk dapetin badan kayak gitu ya olahraga & nutrisinya kudu balance yaaa. Asupan juga gak boleh sembarangan.

Nah, sebelum mulai latihan, dilakukan pengukuran badan dulu. Tinggi badan, massa tulang, massa lemak, kadar air, dll. Kenapa? Iya itu nanti adalah patokan untuk kita berolahraga. Setelah timbang tuh ada angka-angka yang menunjukan kita kelebihan atau kekurangan di bagian apa saja. Jadi kita olahraga untuk mencapai target yang seharusnya untuk mendapatkan bentuk tubuh & berat yang ideal. 



Setelahnya, baru dilakukan pemanasan. Pemanasan itu wajib, supaya ototnya gak kaku. Kalo gak pemanasan, bisa kram bahkan cedera otot loh. Lalu dijelaskan juga hal-hal basic-nya TRX tuh gimana, gerakan-gerakannya gimana aja, alat-alatnya apa aja.


Alat utamanya TRX adalah tali nilon, yang ada di foto gue itu. Itu namanya suspension trainer.  Tapi ada juga alat-alat lain seperti rip trainer untuk variasi.


Dalam melakukan TRX ini, posisi tali harus selalu ketarik which is harus selalu tegang. Badan juga harus lurus dan dada busung. Tidak boleh terlalu maju atau nekuk ke belakang. Fungsi dari membusungkan dada itu adalah untuk mengunci bentuk badan yang sudah lurus.


Jika dirasa sudah sanggup angkat berat badan sendiri, maka selama TRX, kaki boleh dirapatkan kayak kaki gue di foto itu. Jadi bentukan kaki selama TRX tuh ada 4 tahap: 1 kaki di belakang, melebarkan kaki kayak mau kuda2, merapatkan kaki, dan angkat 1 kaki.


Supaya gak bosen, di sela-sela TRX juga disuruh olahraga pake dumbbell. Gak cuma itu, gue juga melakukan plank dan sit up.

Yang gue dapatkan selama TRX itu adalah... biceps, triceps, otot dada dan otot perut gw tuh berasa banget. Sampek otot pundak dan punggung pun kenceng. Oh ya gak lupa otot paha depan belakang dan betis, akibat dari squat itu. Sabi banget sik!



Nah, setelah sesi TRX selesai, langsung dilanjutkan ke sesi yoga. Ruang yoganya tuh ada gambar bunga teratai di ujung ruangan. Fungsinya adalah untuk peserta memusatkan pandangan ke putik bunga supaya lebih terkonsentrasi.

Yoga (Aksara Dewanagari योग) dari bahasa Sanskerta (योग) berarti "penyatuan", yang bermakna "penyatuan dengan alam" atau "penyatuan dengan Sang Pencipta") sendiri adalah salah satu dari enam ajaran dalam filsafat Hindu, yang menitikberatkan pada aktivitas meditasi atau bertapa di mana seseorang memusatkan seluruh pikiran untuk mengontrol panca indera dan tubuhnya secara keseluruhan.

Yoga umunya dikenal sebagai aktivitas yang latihan utamanya adalah asana (postur) bagian dari Hatha Yoga. Yoga juga digunakan sebagai salah satu pengobatan alternatif, biasanya hal dilakukan dengan latihan pernapasan, olah tubuh dan meditasi, yang sudah dipraktikkan selama lebih dari 5000 tahun dari India.

Yoga dibagi dalam 9 jenis (cabang/aliran), antara lain:
1. Jnana Yoga
2. Karma Yoga
3. Bhakti Yoga
4. Yantra Yoga
5. Mantra Yoga
6. Tantra Yoga
7. Kundalini (Laya Yoga)
8. Hatha Yoga
9. Raja Yoga.

Ada lima aliran yoga yang lazim dilakukan:
Jnana Yoga (penyatuan melalui ilmu pengetahuan)
Karma Yoga (penyatuan melalui tidakan)
Bakti Yoga (penyatuan melalui pengabdian)
Raja Yoga (penyatuan melalui meditasi)
Hatha Yoga (penyatuan melalui penguasaan tubuh dan nafas)


Yoga yang kami lakukan adalah Hatha Yoga. Apa itu?

(Seperti biasa, yang namanya olahraga sekalipun itu yoga, tetap  harus dilakukan pemanasan ya.)


Hatha Yoga ini adalah yoga yang biasanya untuk pemula. Gerakannya halus dan lambat, serta memiliki fokus pada bagaimana caranya kita mengintegrasikan pernapasan ke dalam gerakan ini.


Hatha Yoga itu yoga yang menggunakan berbagai teknik membentuk sikap tubuh (asana) disertai dengan teknik pernapasan (pranayama) untuk mencapai suatu keseimbangan antara dua kekuatan yang berbeda di dalam tubuh, seperti tubuh bagian atas dan tubuh bagian bawah, tubuh bagian kiri dan tubuh bagian kanan, tarikan napas dan hembusan napas, energi positif dan energi negatif, dll.

Kalo kita latihan Hatha Yoga secara rutin & teratur, kita bakalan terbebas dari stress tubuh, pikiran negatif dan emosi. Kita juga bakal dapetin keseimbangan hormonal untuk perbaikan mental, spiritual dan kesehatan tubuh.

Hatha Yoga tu terdiri dari banyak cabang, tetapi pada hakikatnya Hatha Yoga memfokuskan pada teknik-teknik:
1. Asana (bentuk postur tubuh)
2. Pranayama (teknik pernapasan)
3. Bandha (kuncian/pemurnian)
4. Mudra (segel)
5. Relaksasi
6. Meditasi










Pasti kalian bertanya-tanya ya yoga tuh cuma bisa dilakukan yang muda-muda atau nggak. Dan jawabannya adalah, SALAH! Yoga bisa dilakukan sama siapa aja, umur berapa aja.

Lah kalo badan gak lentur yo piye? Gausah khawatiiirrr. Badan gue aja gak lentur tetep bisa kok. Kan dipandu, diajarin. Instruktur yang baik pasti gak akan maksain postur yoga yang kita belom bisa.

Keuntungan kita ikut yoga tuh apa sik? Yoga tuh kan memusatkan pikiran dan pernapasan ya, otomatis memberikan efek relaksasi untuk badan kita. Sudah pasti juga melenturkan badan, juga menyeimbangkan badan. Juga dapat menurunkan berat badan, meningkatkan massa otot, memperbaiki postur tubuh.

Tidak hanya itu, yoga dapat mengobati beberapa penyakit seperti nyeri punggung, sakit jantung, dan tekanan darah tinggi. Hal ini terjadi dengan turunnya frekuensi denyut jantung setelah melakukan yoga secara teratur. Selain itu, yoga juga berpotensi meningkatkan sistem kekebalan tubuh, serta menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida di dalam tubuh.

Keren, ya?

TERUS MANANYA YANG BIKIN MEMPERLAMBAT PENUAAN?

Nah, salah satu trainer TRX di Be-FIT ini tuh menjelaskan bahwa dengan berolahraga tuh bisa memperlambat penuaan. Kenapa? Kok bisa? Karena otot lo kencang, otomatis kulit lo ketarik, udah pasti jadi awet muda.

Lalu dijelasin juga, di usia 21 tahun ke atas tuh hormon pertumbuhan manusia tuh melambat atau bahkan berhenti, berikut sel kolagen di badan kita, makanya lama-lama muncul keriput kan. Makanya kita juga harus tidur malem, jangan begadang mulu. Di jam 00.00-03.00 tuh hormon kita lagi kerja, baiknya ya kita tidur.

Tidur juga ada 2, tidur secara kualitas dan tidur secara kuantitas. Tidur secara kuantitas ya tidur 7-8 jam pada umumnya. Kalo tidur kualitas ya tidur yang bener-bener bikin badan sehat, ya tidur di jam-jam sewajarnya, bukan tidur subuh atau bahkan pagi.

Nah, selain itu dengan kita rutin olahraga tuh kita bisa memperlambat keriput! Tapi ya olahraganya jangan cuma lari doang....

Olahraga tu ya kan ada 2, cardio dan strength. Kalo olahraga cardio itu kayak lari, pokoke olahraga memacu jantung. Kalo olahraga strength itu ya untuk latih otot, latih kelincahan juga, latih keseimbangan juga. Dua-duanya ini mesti seimbang kalo mau gak cepet tua. Coba deh lo perhatiin, biasanya pelari-pelari tuh mukanya pada kayak kuyu-kuyu gitu. Ya itu karena mereka gak imbang, cuma lari melulu.

Trainer-trainernya tuh juga jelasin kalo kita mau sehat, semestinya itu minimal olahraga 3-4x seminggu selama 150 menit maksimal dalam satu hari atau 15-30 menit tiap hari. Juga dalam sehari itu kita minimal harus berjalan sebanyak 10.000 langkah sekalipun gak lagi olahraga. Kayak orang sikat gigi aja gitu. Sikat gigi kan tiap hari, gak mungkin kan lo sikat gigi cuma weekend doang? Nah sama, badan lo juga mesti dikasih olahraga.

Oh ya, kenapa cuma boleh 150 menit maksimal olahraga dalam sehari? Di tubuh kita itu kan terdiri dari lemak, gula, dan otot. Kalo kita olahraga, yang pertama kali dibakar itu lemak. Kalo lemaknya dah abis, lanjut ke gula. Nah, gula itu cuma bertahan selama 90menit pembakar. Kalo lebih, otot lo nanti yang kemakan pembakaran. Lo udah susah payah bentuk otot lo terus hilang gara-gara pembakaran lo yang berlebihan kan sakit hati.

Intinya, dengan kita berolahraga secara teratur, makan dijaga, istirahat cukup, pasti badan lo lebih fit deh. Lo bakal ngerasa lebih muda. Karena badan juga punya usia lho, gak cuma umur secara tanggal ulang tahun aja. Makin fit badan lo, usia badan lo bisa makin muda. Misal, umur asli lo 25 tahun, tapi karena lo rajin olahraga, usia badan lo itu kayak orang 20 tahun. That's why kenapa olahraga itu memperlambat penuaan.

Gue dan temen-temen blogger bersama dengan pelatih TRX. (Mas Ringga, Gue, Mas Feri, Manda, Rizka, Mas Hendri)
Gue dan temen-temen blogger bersama pemilik Be-FIT (baju polkadot) dan instruktur yoga (baju hitam polos). (Manda, Mba Hanin, Tante Titi, Gue, Rizka)
Nah, setelah lo capek-capek olahraga nih... lo bisa makan di Omah Kumang, persis di bawahnya Be-FIT. Ini kedai makan juga punya tante Titi.









Tempatnya enak sik, homey gitu. Mungkin karena ini dulunya bekas rumah orang tua keluarganya tante Titi, tapi dijadiin kos-kosan, fitness studio, sama tempat makan. Asik sik.

Spesialisasinya Omah Kumang ini tuh tongseng kambing, nasi kebuli kambing, sama kebab sapi. Berhubung gue gak makan kambing ya.... gue makan kebab sapi aja.


Kebabnya lumayan ngenyangin lho. Tapi dagingnya masih berasa sapi banget :( gw kurang suka sik.




(fotonya Manda)
Berhubung gw gak makan tongseng & nasi kebulinya, gw bungkusin aja buat pacar. Dan menurut lidahnya dia yang emang doyan kambing-kambingnya, katanya enak banget. Dia paling doyan tongsengnya. (Pacar gue pemakan kambing dari sop kaki kambing, sate kambing, sampe jeroan-jeroan aja dia doyan. Jadi penilaian lidah dia menurut gue ya oke)

Selain itu, harganya murah-murah masa! Cuma 13.000-25.000an gitu. Gak ada makanan yang harganya sampe 30.000. Tongseng aja 25.000. Ya mereka gak cuma jual tiga makanan yang gw sebut, ada indomie juga, ada roti panggang, gitu-gitu deh.

Tapi inget ya, makannya kira-kira. Kalo gak percuma kalo udah olahraga tapi makannya kalap hahahaha.





Kalo lo mau cobain olahraga di Be-FIT Studio bisa langsung dateng ke Jl. Alu-Alu no.26, Rawamangun, Jakarta Timur. Di maps/waze cari aja Omah Kumang. Ada kok.

Buat 100 pendaftar pertama ada free trial lho. Kalo lo bawa 10 orang untuk daftar di Be-FIT juga, bisa dapet 1 free class tuh. Sok atuh pada daftar. Gue aja kepengen kok hahaha.

Kalian bisa kepo-kepoin sosmednya Be-FIT juga kok kalo mau tanya-tanya online.
Instagram: @befitstudio_jkt




Sekian deh cerita gue seputar Be-FIT. Inget ya, olahraga biar awet muda. So, see you guys on the next post!



'FIT IS NOT A DESTINATION, IT'S A WAY OF LIFE'

Yours truly,
Tia



E-mail | LINE | Instagram | Twitter | Facebook

5 comments :

Please feel free to leave your comments here. I want to hear your feedback and ideas for my next posts. Any comments having bad language will be deleted. Thanks! :)