/**/

SOCIAL MEDIA

Friday, September 02, 2016

Puberty Talks! #Confabulate

siapa yang dulu waktu masih sekolah suka dikata-katain temennya? siapa yang dulu waktu masih sekolah sering nangis karena dihina? siapa yang sampe sekarang gak bisa lupa sama bully-an temen-temen lo waktu dulu?

ya. gue. gue dulu mengalami itu semua.

kok bisa?

ya bisa. dulu appearance gue gak menarik sama sekali. dulu itu gue gendut banget (sekarang ya mendingan lah gak segendut dulu...), kulit gue hitam karena suka berenang & main panas-panasan, rambut gue suka dipotong pendek, gigi gue maju.

alhasil, gue suka dikatain "bomber" dan "dora". dipanggil "tibom".

dan udah dari dulu juga tuh gue jutek & galak sama cowok. gue tukang cubit anak cowok karena mereka semua menyebalkan gak berhenti ngata-ngatain gue.

nah, panggilan itu melekat sama gue dari gue kelas 4 SD sampe gue lulus SMP. untungnya pas SMA gue udah gak 1 sekolah sama yang doyan hina-hina gue dulu.

pernah suatu kali saat ortu gue lagi koor lingkungan sama ortu2 lain di sekitaran rumah, gue sambil nunggu mereka ya jadi main sama anak-anak yang lain. ada 1 anak cowok yang gw pun lupa siapa namanya & mukanya, terus-terusan ngatain sampe gue gak tahan, dan begitu ortu gue selesai koor, gue nangis di jalan sambil jalan kaki ke rumah.

gue ya masih inget lah siapa-siapa aja yang dulu suka menghina gue, tapi gak akan gue bahas. yang sudah terjadi, terjadilah. gue sik gak punya dendam sama mereka, tapi gue gak akan pernah lupa sama perbuatan mereka.

menurut gue, panggilan-panggilan itu bukan sekedar ngatain. tapi itu adalah hinaan buat gue. gak jarang dulu gue suka nangis diem-diem karena panggilan-panggilan itu nyakitin buat gue. bikin gw ngerasa gak punya kepercayaan diri & gak diterima karena appearance gue yang buruk.

menurut anak-anak sekolah dulu sik itu seru-seru aja buat mereka menghina appearance orang, tapi mereka gak tau kan apa dampaknya ke orang-orang yang mereka hina yang ternyata bisa berkepanjangan.



karena gue lelah dengan hinaan-hinaan mereka, akhirnya gue ya diet ketat, memperbaiki diri. meski banyak halang rintangan, puji Tuhan sekarang gue udah jauh lebih baik. tapi tetep aja gue gak pernah merasa diri gue itu cukup. hal-hal kaya gitu gue rasa efek dari pem-bully-an yang dulu gue laluin.


THEN

waktu kecil kayaknya gue lucu-lucu aja
ini waktu gue TK

ini waktu gue SD


ini udah masa-masa kelam deh pokoknya.....
NOW



bisa kan gue berubah dari itik yang buruk rupa? PUBERTY TALKS, BRUH!

dulu gue pikir cewek makeup. itu cuma pengen keliatan eksis, tapi kemudian gue kemakan omongan gue sendiri dan malah kecemplung di dunia yang udah kenal makeup begitu gue udah beranjak remaja/dewasa. gue jadi ngerasa lebih pede ketika gue pake makeup. gue tetep jadi diri gue sendiri, tapi lebih percaya diri aja. dengan pake makeup, gue berusaha membangun kepercayaan diri gue sendiri and it works a lil bit.

sekarang, tanpa makeup pun juga gue tetep santai-santai aja keluar rumah karena gue udah lumayan bisa ngerawat diri gue sendiri supaya gak kucel dan kumel kayak dulu. tapi kalo urusan diet sik gue bye. susah cyiiiinn, gue doyan banget makan :(

dulu mungkin emang gue buruk banget, tapi sekarang kalian bisa liat sendiri gue bisa transformasi diri gue jadi lebih baik.

memang sik, gue masih selalu merasa insecure tiap kali ada orang yang suka becanda soal appearance karena kenangan buruk di masa lalu gue itu. masih ada aja lah orang-orang rese di sekitar gue, yang suka bercanda tapi ngomong gue abcde. nah, itu hal-hal yang masih harus gue kendaliin supaya gue bisa gak perduli dengan kata-kata orang.



so, untuk kalian-kalian yang pernah bernasib kayak gue, yuk kita sama-sama belajar kendali diri untuk gak terpengaruh sama kata-kata negatif orang lain yang bisa menjatuhkan kalian.

dan untuk kalian-kalian yang tukang bully, yang kalo ngomong suka gak mikir, coba deh mikir ulang lagi. pikirin dampak buruk yang akan terjadi pada orang yang suka kalian katain. emang lo mau orang-orang terdekat lo digituin sama orang lain?



udah sik gitu aja.

4 comments :

Please feel free to leave your comments here. I want to hear your feedback and ideas for my next posts. Any comments having bad language will be deleted. Thanks! :)